Saturday, March 3, 2018

Apply Visa ke Belanda

Holla!

Disini gue akan bahas soal apply visa visiting friend/family by sponsorship waktu ke Belanda.
Sebenernya ga susah sih, Alhamdulillah di kasih Allah kemudahan waktu ngurus visa ini. Waktunya yang terbilang mepet sama waktu mau berangkat tapi Alhamdullilah semua lancar. Salah satu alasan bikin page ini sih biar jadi referensi buat yang baca blog gue. Hehe. Karena dulu juga udah janji, setelah semua urusan visa selesai, bakal bikin blog soal apply visa disini.

Oke langsung aja ya disini tuh yang pertama dibutuhkan adalah niat. Serius kalo kalian niat nya ntar-ntaran yakin ga akan jadi. Oya satu lagi ini panduan apply visa visiting friends/family, kalo yang lain gue kurang paham jadi baiknya baca blog orang.

Pertama yang gue lakukan adalah booking ticket pesawat. Pasti pada nanya, duh riskan banget gimana coba kalo udah book terus visa ga approve?gue anaknya pasrah, dan lilahi ta'ala aja. Tapi kadang orang ada sih yang bisa cuma kasih bookingan tiket kita dulu ga apa-apa sih,ga harus bayar dulu ( tapi sungguh ini ga paham gimana caranya ya)
Kedua, karena dulu Dave tinggal di Swedia, jadi yang urus Sponsorship itu papa mama. Caranya gampang banget, mereka nanti pergi ke gemeente setempat terus untuk dapet ttd dari major disana. Kalo ga salah formulir ( Bewijs ) bisa di download disini Formulir Bewijs . Tapi ini yang kudu download yang jadi sponsor ya hehe. Mereka pasti lebih tau sih, tenang aja.
Ketiga, setelah si formulir di tandatangani major setempat nah dokumen asli harus dikirimin berbarengan dengan hal-hal berikut :

1. Copy Asli Identity Card Sponsor kalian.
2. Kontrak Kerja
3. Slip Gaji 3 bulan terakhir si pemberi sponsor.

Nah semua dokumen ini harus dikirim ke Indonesia ya. Saran aja sih pake pengiriman yang cepet ya karena kalo pake lokal post suka lama bisa sebulan. Hehe

Setelah  semua dokumen kalian terima baru deh kalian download formulir buat visa visiting friends/family di VFS GLOBAL JAKARTA . Dan jangan lupa daftar ya, maksimal 3 bulan sebelum berangkat inget ga boleh kejauhan hehe, untuk mininal kayanya sebulan sebelum deh.
Ikutin segala petunjuk yang ada ya. Foto kalian juga harus ukuran sesuai yang dimaksud. Kalo ga salah ukuranya ga 3x4, kalo di tukang fujifilm bilang aja ukuran untuk VISA SCHENGEN. Oh ya lokasi si VFS Global itu di Kuningan City ya bukan di Embassy nya. Jadi jangan pernah ke Embassy buat urus visa ini, kecuali kalian mau buat MVV ( visa untuk stay lebih dari 3 bulan). Nah, kalo kalian udah super yakin , insya Allah dalam 2 minggu, kalo gue dulu Alhamdulillah 10 hari selesai, kalian bisa ambil dengan waktu yang udah ditentuin dari VFS.( Nanti akan di email/sms untuk waktu pengambilan. Tapi kalo tidak salah sih jam 13.00-15.00)

Sekian deh dari gue soal VISA ini. Semiga membantu ya! Monggu yang mau tanya-tanya boleh banget disini.
Next gue mau ambil Inburgering Examen nih! Ini adalah salah satu ujian untuk dapet MVV.
Doakan ya lancar jadi abis nikah bisa langsung daftar MVV AAMIIN...



Groetjes,
Ayu


No comments:

Post a Comment